@hendra ala kadarnya. Gambar tema oleh Xaviarnau. Diberdayakan oleh Blogger.

Selasa, 06 Maret 2012

Burung Perkici Buru (Charmosyna toxopei) Si Parrot Langka

0 komentar
Burung perkici buru atau Charmosyna toxopei merupakan parrot (burung berparuh bengkok) yang langka. Perkici buru juga burung endemik yang hanya terdapat di pulau Buru, Maluku, Indonesia. Langkanya parrot endemik pulau Buru ini terbukti dengan tidak pernah ditemukannya lagi spesies hidup sejak burung perkici buru ini ditemukan pertama kali pada tahun 1921.

Karena tidak dapat teridentifikasi kembali hingga puluhan tahun, IUCN Redlist mengukuhkannya sebagai spesies Critically Endangered, spesies dengan tingkat keterancaman paling tinggi.

Burung perkici buru ditemukan pertama kali oleh Lambertus Johannes Toxopeus, seorang Belanda pada tahun 1921. Dan sejak saat itu burung ini tidak pernah terlihat lagi secara pasti.

Burung perkici buru oleh masyarakat setempat sering disebut sebagai utu papua. Sedangkan nama binatang ini dalam bahasa Inggris adalah Blue-fronted Lorikeet. Dalam nama latin (nama ilmiah) perkici buru disebut sebagai Charmosyna toxopei (Siebers, 1930).
Burung Perkici Buru (Charmosyna toxopei)
Diskripsi Perkici Buru. Buru perkici buru berukuran kecil dengan panjang hanya sekitar 16 cm saja. Bulu tubuhnya hampir seluruhnya berwarna hijau kecuali bagian kecuali bagian mahkota depan yang berwarna biru dan bagian bawah pangkal ekor yang berwarna merah.

Diduga burung perkici nan langka dan endemik pulau Buru ini hidup secara berpasangan atau dalam kelompok kecil hingga 10 individu. Burung parrot ini mengeluarkan suara kicauan menyerupai bunyi ‘ti ti ti ti ti’ yang melengking.

Habitat burung endemik pulau Buru, Maluku, Indonesia ini adalah hutan primer dan sekunder di daerah berketinggian 0 hingga 1000 meter dpl.

Jumlah populasi hingga sekarang tidak diketahui dengan pasti. Namun sebagaimana data yang Alamendah’s Blog kutip dari Birdlife Internasional, populasinya diperkirakan hanya dalam kisaran 50-250 ekor saja. Sebuah jumlah yang sangat sedikit bagi spesies burung non predator.

Karena jumlah populasi individu yang sangat sedikit, daerah persebaran yang sempit karena hanya terdapat (edemik) di satu pulau kecil saja maka IUCN Redlist memasukkannya sebagai spesies dengan tingkat keterancaman tertinggi yakni, Critically Endangered (Kritis) sejak tahun 2000. CITES juga telah memasukannya dalam daftar Apendiks II.

Burung perkici buru, si hijau kecil, berparuh bengkok, endemik lokal pulau Buru, dan sangat terancam punah ini semakin menambah panjang daftar burung-burung misterius di Indonesia. Burung misterius lantaran ditemukan sekali seterusnya tiada pernah menampakkan diri lagi.
Klasifikasi ilmiah: Kerajaan: Animalia; Filum: Chordata; Kelas: Aves; Ordo: Psittaciformes; Famili: Psittacidae; Genus: Charmosyna; Spesies: Charmosyna toxopei.

Referensi dan gambar: 

www.burung.org/detail_burung.php?id=59&op=burung\(gambar)
www.iucnredlist.org/apps/redlist/details/142415/0
http://alamendah.wordpress.com

Ditulis Oleh : HMJBiologi ~ - Adick' Creator™

Anda sedang membaca sebuah artikel yang berjudul Burung Perkici Buru (Charmosyna toxopei) Si Parrot Langka,, Terimakasih atas kunjungan Anda serta kesediaan Anda untuk membaca artikel Diatas. Semoga artikel tersebut bermanfaat untuk anda ....

:: Terima kasih ::

Komentar Sahabat
Komentar Sahabat

0 komentar:

Posting Komentar