@hendra ala kadarnya. Gambar tema oleh Xaviarnau. Diberdayakan oleh Blogger.

Senin, 27 Februari 2012

Pohon Ulin

0 komentar
Nama lain dari pohon ulin adalah pohon kayu besi. Dan sebenarnya, pohon ulin (eusideroxylon zwageri) adalah salah satu pohon yang terkenal dari hutan Kaltim dengan ciri kayunya keras dan kuat, warna gelap, dan tahan terhadap air laut.

Tinggi pohon ulin mencapai 50 m dengan diameter hingga 120 cm, dan tumbuh di dataran rendah.
Pohon tersebut agak terpisah dari pepohonan lain dan dikelilingi jalur jalan melingkar dari kayu ulin. Di bagian bawah pohon ada bagian yang berlobang.

Jenis kayu dari pohon ulin ini tidak mudah lapuk baik di air maupun darata. Itulah sebabnya kayu ini banyak dipakai sebagai bahan bangunan khususnya untuk rumah yang didirikan di atas tanah berawa.
Sayangnya, pohon ini tidak bisa tumbuh pada semua kawasan hutan. Biasanya tumbuh pada dataran tinggi dengan tanah berpasir. Oleh karena itu, pembibitan dan pembudidayaannya agak sulit dilakukan.


 Klasifikasi ilmiah
Kerajaan                :    Plantae   
(tidak termasuk)          Magnoliids   
Ordo                      :    Laurales   
Famili                    :    Lauraceae   
Genus                    :    Eusideroxylon   
Spesies                  :    E. zwagerig





 Ulin adalah salah satu tumbuhan/pohon yang sudah masuk klasifikasi Rentan.

Artinya, sudah butuh 'pertolongan' manusia untuk tidak punah. karena sangat diminati, tetapi penanamannya sangat sedikit dilakukan.
Kemampuan tumbuh sangat kecil karena biji tertutup lapisan kulit yang tebal. bisa tumbuh jika lapisan kulit itu hilang (butuh waktu sekitar 6-12 bulan). namun,jika biji dibelah masih dapat tumbuh. dan untuk bertambah besar, sangat lamaaaa. makanya berat kayu ulin sangat berat, lebih berat dari kayu jati yang paling berat...(sangat padat)

Referensi :

http://id.wikipedia.org/wiki/Ulin













































Ditulis Oleh : HMJBiologi ~ - Adick' Creator™

Anda sedang membaca sebuah artikel yang berjudul Pohon Ulin,, Terimakasih atas kunjungan Anda serta kesediaan Anda untuk membaca artikel Diatas. Semoga artikel tersebut bermanfaat untuk anda ....

:: Terima kasih ::

Komentar Sahabat
Komentar Sahabat

0 komentar:

Posting Komentar